Arti back office Adalah

Pengertian back office - Dalam ekonomi dan bisnis

Pengertian back office
pada kategori glosarium dan kamus Ekonomi, glosarium bersumber dari berbagai situs dan buku. sebelum melanjutkan pahami terlebih dahulu beberapa tips di tautan peraturan yang dapat membantu. dalam beberapa pengertian, referensi arti kata akan di-Update berdasarkan glosarium yang sudah ditemukan. Terimakasih
Glossary
back office dalam Forex
back office : Departemen atau divisi yang bertugas memproses berbagai hal mengenai transaksi keuangan diluar departemen dealing room. Biasanya terdiri dari departemen settlement, accounting, finance.
back office : Departemen yang memproses segala sesuatu yang berkaitan dengan transaksi keuangan yang terjadi diluar dealing room.
Arti back office dalam Leksikon Bank Indonesia. (Sumber: istilahbank.blogspot.co.id)
back office (The Back Office) : Merupakan satuan kerja pada Treasury Department suatu bank yang melaksanakan fungsi pengendalian terhadap pelaksanaan manajemen risiko pasar (Market Risk). Back Office terpisah dari Dealing Room serta perlu adanya pemisahan tugas (segregation of duty) antara kegiatan yang dilakukan staff The Dealing Room dangan Staff Back Office.

Tugas pengendalian (control) yang dilakukan oleh Back Office mencakup hal-hal sebagai berikut:
- Pengendalian terhadap konfirmasi masuk dan keluar.

Semua konfirmasi transaksi yang sudah dilakukan oleh The Dealing Room harus hanya diterbitkan serta diterima oleh Back Office. Selisih (discrepancy) dalam transaksi secara detail, konfirmasi yang tidak diterima atau penerimaan konfirmasi tanpa aplikasi, harus diselesaikan sesegera mungkin untuk menghindari adanya eksposure risiko yang tidak tercatat
- Pengendalian (control) terhadap ‘dealing account’. (Vostro dan Nostro).

Rekonsiliasi segera terhadap semua ‘ dealing account’ merupakan pengendalian yang penting untuk meyakini akurasi dari identifikasi eksposure risiko. Selisih, konfirmasi yang tidak diterima atau penerimaan dana tanpa ada aplikasinya harus diselesaikan segera untuk menghindari eksposure risiko yang tidak tercatat. Selisih (discrepancies) serta item yang tidak selesai (unreconciled) dalam rekening ini harus ditempatkan dibawah pengawasan khusus manajemen satu dan lain mengingat suatu saat hal-hal tersebut mungkin dapat mempunyai dampak yang signifikan terhadap likuiditas, penyajian eksposure risiko yang tidak benar atau terjadinya fraud atau kolusi.
- Penilaian ulang dan marking to market terhadap eksposure risiko pasar.

Semua rate (sukubunga) yang digunakan oleh bank untuk melakukan marking risiko pasar to market, digunakan untuk menilai ulang aset atau untuk keperluan model analisis risiko seperti analisis Value at Risk, harus dari sumber yang independen dari Dealing Room. Hal ini untuk menyediakan asesmen yang independen pula terhadap risiko dan performance. Apabila bank sudah membentuk fungsi Middle Office, maka tanggung jawab ini dapat dilakukan oleh Middle Office.
- Pemantauan dan pelaporan limit risiko dan pemakaiannya.

Pelaporan pemakaian risiko dibandingkan dengan limit yang ditetapkan oleh Komite Manajemen Risiko, harus dipertahankan oleh Back Office secara independen dari Dealing Room. Back Office juga harus memelihara semua system limit dan akses terhadap semua sistem limit (seperti counterparty limit, overnight limit dsb), harus diamankan agar tidak digunakan oleh yang tidak berhak. Apabila bank sudah membentuk Midddle Office, fungsi ini dapat dialihkan kepada Middle Office.
- Pengendalian terhadap sistem pembayaran.

Prosedur dan sistem untuk melakukan pembayaran hendaknya sekurang-kurang nya menggunakan mekanisme ‘dual control’ di Back Office yang independen dari fungsi ‘dealing’. Pembayaran setiap waktu harus aman dari akses penyogokkan dan dari mereka yang tidak berwenang. (3) (7)
(Sumber: Praktik Perbankan)

Last modified: 18 October 2016


Terkait istilah lain dengan huruf awal: B/ B2 BA BB BE BG BI BL BM BO BP BR BS BT BU BV BY
BA BAC BAD BAF BAG BAH BAI BAK BAL BAN BAP BAR BAS BAT BAU BAY BA` BA’
Apa saja yang ada pada GlosariBusiness.com ini : Kumpulan Istilah dalam Ekonomi dan berbagai bisnis. dalam kategori ini sudah terdapat Glosarium dan kamus: Ekonomi, Perbankan, pajak, startup, saham, asuransi, keuangan, retail, kartu kredit, properti, multi level marketing, Insurance, employment law, Job seekers, Human resource, KPR, Ketenagakerjaan, accounting, Audit, SBSN, CSR, LPS, Multi finance, akuntansi, dll
Tidak menemukan apa yang ingin anda cari dan ketahui di sini? Coba gunakan penelusuran terkait istilah/kata back office
Wikipedia Indonesia :
Google :
Google Gambar :


GlosariBusiness Merupakan situs website multi glosarium bisnis online yang mengumpulkan beraneka-aneka macam informasi mengenai istilah bisnis dan ekonomi di dunia maya (Internet) dalam bentuk deretan abjad, kamus, dan glosarium, disatukan dalam kategori utama yaitu bisnis (sebuah kategori yang dapat menghubungkan subkategori yang berhubungan dan berkaitan ketika terdapat kata yang sama) sebagai garis besar agar mudah untuk mendapatkan banyak referensi dalam sebuah halaman web.

Multi Glosarium Bisnis, yang berarti jika anda beruntung saat mengakses website ini, maka anda akan menemukan banyak referensi, sumber, makna, maksud, dari banyak bidang yang membahas istilah dunia ekonomi dan bisnis. Tidak semua istilah memiliki multi(banyak) referensi, maka dari itu, untuk menambah dan memperbarui istilah yang ada di GlosariBusiness ini diperlukan tindakan dari sukarelawan untuk membantu memperbaikinya. karena memang tidak ada yang sempurna.

!! Untuk pelajar. GlosariBusiness bisa digunakan sebagai referensi untuk menjawab sebuah soal pertanyaan di lembar kerja siswa yang sedang dikerjakan. Tetapi, Sangat Penting!! Bukan berarti konten yang ditampilkan saat ini yang ada di halaman GlosariBusiness adalah isi dari jawaban soal yang dikerjakan. Harap untuk dapat menarik kesimpulan yang ada pada referensi di halaman website ini. (baca aturan ini selengkapnya di navigasi Peraturan)

Kami menyadari bahwa GlosariBusiness masih jauh sekali dari kata sempurna, banyak ketidaksempurnaan yang ada pada situs ini, maka dari itu, untuk menjaga agar website glosarium bisnis ini dapat berjalan dan terus melayani pengunjung dengan semestinya. Diharapkan pengunjung dapat aktif membantu melaporkan jika terjadi masalah yang mungkin tidak diketahui admin pada website ini melalui menu navigasi Buku Tamu. Terimakasih



Sumber situs lain terkait istilah back office
Glosarium Badan Bahasa Kemdikbud
Referensi KBBI yang menurut admin GlosariBusiness baik dan mudah dimengerti : id.wiktionary.org kbbi.web.id artikata.com
Download Ebook GlosariBusiness

Jika hal ini bermanfaat, silahkan bookmark di browsermu dan mari berbagi link ini di sosial media-mu sebagai apresiasi terhadap kerja keras rekan GlosariBusiness.